(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-7259370303418434", enable_page_level_ads: true }); Elektro Circuit: Membuat pengusir tikus ic556 swing frequency

Membuat pengusir tikus ic556 swing frequency

Membuat pengusir tikus dengan ic556 swing frequency.

Membuat pengusir tikus dengan ic 556 yang kali ini ingin saya bagikan adalah pengembangan dan penyempurna'an dari ratrepeller yang saya bahas pada postingan saya sebelum nya. 



Dan ic 556 yang akan kita gunakan di sini adalah merupakan Integretted circuit dengan dual timer vibration. Atau dengan kata lain ic 556 ini sama dengan dua ic 555 timer yang di gabungkan jadi satu. Simple, efektif dan praktis itu yang bisa saya gambarkan untuk ic 556 ini.


membuat alat pengusir tikus ratrepeller ic 556 swing frequency
Gb. Ratrepeller ic 556
     Membuat pengusir tikus dengan ic556 swing frequency ini adalah simple mini project yang sangat menyenangkan. Di sini kita bisa bereksperimen dengan banyak variasi frequency ultra sonic yang di tujukan untuk menggangu kenyamanan dari target kita, yaitu Tikus juga kelelawar. 

Dari pengamatan di lapangan dan hasil pencarian referensi dan test uji coba dari beberapa sumber, pengaruh suara frequency ultra sonic terhadap se ekor tikus bisa saya simpulkan beberapa di antara nya : 
   Mengganggu komunikasi di antara Tikus. 



   Menimbulkan prilaku agresif di antara Tikus yang        lebih dominan.
  Menimbulkan prilaku gelisah 
  Membuat Tikus berusaha menjauhi sumber ultra    sonic.

    Bisa saya gambarkan secara singkat bagaimana prilaku dua ekor tikus yang terpapar frequency ultra sonic sebagai berikut ; 
Di awali dengan menempatkan dua ekor tikus dalam sebuah tempat atau ruangan kosong. Saya lihat ke dua tikus baik² saja dan ber tingkah seperti biasa/normal. 

Lalu kita tempatkan sebuah alat pengusir tikus ultra sonic dalam tempat atau ruangan di mana kedua tikus tadi berada. Begitu ultra sonic di hidupkan, prilaku ke dua tikus mengalami perubahan yang jelas. 

Terlihat bulu-bulu nya berdiri, prilaku nya tampak gelisah dengan berlari kesana kemari mengelilingi tempat atau ruangan. Tikus yang lebih dominan menyerang tikus lainya seakan akan musuh yang akan merebut teritorial nya. 

Dari pengamatan yang sederhana ini bisa saya simpulkan bahwa Tikus bisa di usir dengan frequency ultra sonic. It's work bro...



Ok...cukup dulu basa-baai nya, untuk menyingkat waktu berikut nikmati dulu gambar skema yang seadanya. Maklum di aplikasi pembuat skema yang saya pakai belum masuk part ic 556 di galeri nya. 
membuat alat pengusir tikus ratrepeller ic 556 swing frequency
Gb. Skema ic 556 ratrepeller swing frequency
      Part list :

  1. R1    10k
  2. R2.   390k
  3. R3, 5.  1k
  4. R4.   10k
  5. R6.   2k2
  6. R7.   VR 100k
  7. R8.   680R
  8. C1.   100uf
  9. C2, 5.  10nf
  10. C3.   1uf
  11. C4.   1000uf
  12. C6.   220uf
  13. D1, 2.  Led indikator
  14. Piezzo/buzzer/twitter speaker
  15. IC 556

Dengan mengikuti gambar skema di atas, saya membuat pengusir tikus dengan ic556 swing frequency ini yang dapat menghasilkan alunan gelombang frequency ultra sonic yang sangat dinamis. 

Di mulai dengan frequency batas bawah kemudian dengan periode yang di tentukan akan naik perlahan sampai frequency batas atas. Dalam periode yang di tentukan, frequency secara perlahan akan turun sampai frequency batas bawah lagi. 



Begitu terus berulang, makanya saya sebut swing frequency atau frequency berayun. Sebab memang output suara mengalun seperti gelombang dengan lebar pulsa yang kita tentukan. 

Sedangkan nilai frequency batas bawah dan frequency batas atas bisa kita rubah/geser dengan memutar knop potensio linier(variable resistor). Led sebagai sinyal indikator frequency batas atas dan batas bawah.


fullwave frequency dinamic output ic 556 pengusir tikus swing frequency ratrepeller
Gb. Dinamic output ratrepeller ic 556


Alat pengusir tikus ic556 swing frequency ini sudah saya buat dan gunakan untuk menggusur dan mencegah tikus dan kelelawar kembali ke rumah. 

Sebagai suplay nya saya memanfa'atkan circuit bekas charger phonsell/hp. Dan twiter speaker sebagai corong propaganda nya. Membuat pengusir tikus ic 556 swing frequency ini merupakan simple mini project yang sederhana. 



Cukup efektip dan efisien bila di bandingkan dengan bila kita harus mengusir tikus secara manual. Juga jauh lebih murah bila di bandingkan bila kita membeli nya.

Bagai mana, tertarik untuk membuat dan membuktikanya sendiri ?... lumayan sebagai pengisi waktu luang yang bermanfaat juga kreatif. Selanjut tinggal bagaimana kita memberi sentuhan akhir pada penampilan nya. 

Sehingga bisa terlihat praktis dan portable. Kalau saya menempatkan pengusir tikus ic 556 swing frequency ini dalam box bekas lampu darurat isi ulang yang sudah almarhum. Dengan menempelkan twitter speaker pada toping nya. 

Sehingga nampak keren. Kata saya sendiri sih hihi...hihi. oke sobat, seperti nya sudah panjang perjalan jari jari saya dalam menggambarkan bagaimana membuat pengusir tikus ic 556 swing frequency ini. 



Bila mungkin kurang detail dalam penjabaran materi nya, itu karena saya lebih termasuk orang yang suka praktek langsung di lapangan, dan kurang pandai menyusun kata-kata dan teori yang terlalu "njelimet". 

Jadi mohon di maklumkan saja bila ada kurang dan lebih nya. 
Membuat pengusir tikus ic 556 swing frequency ini saya harapkan dapat membantu dan bermanfa'at. Dan apabila sobat suka dengan postingan ini, jangan lupa tolong di share ya.

 Akhirnya saya sampaikan trima kasih atas kunjungan nya dan WASALAM.


6 comments:

  1. mas ada skema untuk mengusir nyamuk..skrng kan muzim hujan

    ReplyDelete
  2. Mas, untuk gbr skema ic 556 ratrepelant nya bisa diperjelas ndak?, Maaf ada bbrp yg tidak dapat dibaca untuk komp C dan R. Suwun.

    ReplyDelete
  3. Bisakah saya memesan utk pengusir tikusnya Bapak?

    ReplyDelete
  4. thank you mas rangkaian elektronik nya, saya baru cari ini buat ngusir tikus di rumah. itu input nya berapa Volt? 5V, 9V atau 12V?

    ReplyDelete
  5. Ada kontak wa gan?saya udah coba rakit tapi tetep ga bisa swing,kalau output keluar ultrasonic nya tapi ga bisa swing

    ReplyDelete

Trimakasi atas kunjunganya.silahkan berkomentar dgn sopan dan bijak serta relevan dengan topik bahasan.